cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 7 (2015)" : 20 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA NILAI UJI KOMPETENSI GURU (UKG) DENGAN NILAI RATA-RATA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN GEOGRAFI TAHUN 2013 DI SMA Se KOTA SEMARANG Murtadho, Murtadho
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai Uji Kompetensi Guru mata pelajaran Geografi tahun 2012, nilai rata-rata Ujian Nasional mata pelajaran Geografi tahun 2013 dan hubungan antara nilai Uji Kompetensi Guru dengan nilai rata-rata Ujian Nasional mata pelajaran Geografi tahun 2013 di SMA se Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan nilai tertinggi Uji kompetensi Guru mata pelajaran Geografi tahun 2012 adalah 7.62 sedangkan nilai terendah adalah 0.17. Nilai rata-rata tertinggi Ujian Nasional mata pelajaran Geografi tahun 2013 di SMA dengan Guru sekaligus peserta Uji Kompetensi diperoleh nilai tertinggi sebesar 7.49 sedangkan nilai rata-rata terendah adalah 5.75. Tidak ada hubungan positif yang signifikan antara nilai Uji Kompetensi Guru dengan nilai rata-rata Ujian Nasional mata pelajaran Geografi tahun 2013 di SMA se Kota Semarang. Saran penelitian, perlu penelitian lebih lanjut mengenai kelemahan atau kekurangan pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru tahun 2012. The purpose of this research is to know the value of Teacher Competency Test subjects Geography in 2012, the average value of national examination subjects Geography by 2013 and the correlation between the value of Competence of teachers with the average value of national examination subjects Geography by 2013 in Semarang city high school. The method used is the documentation and interviews. Data analysis techniques using correlation product moment. Research results showed the highest value of teacher competency Test subjects Geography in 2012 is 7.62 while the lowest value was 0.17. The highest average value of national examination subjects by 2013 in high school Geography with teachers and participants of the Competence acquired the highest value of 7.49 while the average low is 5.75. There was no significant positif correlation between the value of Competence of teachers with the average value of national examination subjects Geography by 2013 in Semarang city high school. Research suggestions, needs further research about about the weaknesses or deficiency in the implementation of Teacher Competency Test in 2012.
PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA (SWALIBA) DI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN 2014 Dewi, Hartika Argi
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Swaliba di SMA Negeri 2 Klaten serta mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dalam pelaksanaan Program Swaliba. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan menggunakan teknik Insidental Sampling kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Presentase dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Swaliba di SMA Negeri 2 Klaten telah berjalan dengan baik, dan dari pengujian variabel tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dengan menggunakan R Square  menunjukkan angka 0,275 (28%) sehingga dinyatakan berpengaruh. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dalam pelaksanaan Program Swaliba. The purpose of this study was to determine the implementation of the Swaliba program at SMAN 2 Klaten and to determine the effects of knowledge level to the students participation in the implementation of the Swaliba Program.The subjects were students of SMA Negeri 2 Klaten, Academic Year 2013/2014 by using Insidental Sampling  technique to 100 respondents. Data analysis method used  was Percentage descriptive analysis and Simple Regression Analysis. The results showed that the implementation of Swaliba at SMAN 2 Klaten has been going well, and the test of the variable of knowledge level towards the students’ participation by using R square showed score 0,275 (28%) so it can be said quite influential. So it can be concluded that there is a significant relationship between the level of knowledge of the students participation in the implementation of the Swaliba Program.
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP N 2 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2013/2014 Novelia, Viorina Kartika
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 2 Ajibarang. Populasi dalam penelitian ini: (1) dua guru pengampu mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 2 Ajibarang (2) siswa kelas VIII SMP N 2 Ajibarang yang berjumlah 255 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive Random Sampling, adalah 2 (dua) guru mata pelajaran IPS dan 2 kelas dari 9 kelas yang berjumlah 57 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Persentase dan Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan prinsip-prinsip pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPS kelas VIII  sudah dalam kriteria sangat baik, mencapai 81,38%. Sebaiknya guru mata pelajaran IPS dalam pelaksanaan pembelajaran selalu menerapkan prinsip-prinsip pendekatan pembelajaran kontekstual. Bagi guru IPS sebaiknya menyediakan sarana dan prasarana yang membantu pembelajaran, seperti LCD ataupun alat peraga yang lain yang memebantu dalam pembelajaran. This study aims to know the implementation of principles of Contextual Teaching Learning in Social Science subject of class VIII at SMP Negeri 2 Ajibarang. The population in this research: (1) two Social Scince teachers from class VIII in SMP Negeri 2 Ajibarang (2) all of students from class VIII SMP Negeri 2 Ajibarang, in total 255 students. The sample was taken by  Purposive Random Sampling technique; subjects were two Social Science teachers and 57 students of 347 students. The methods of analysing data used in this research were descriptive percentages and qualitative descriptive. The results showed that the implementation of principles CTL in subjects social scince at class VIII A is verry good, reaching 81.38%. It would be better if the teacher of sicial science applictes the principles of conetextual teaching learning in teaching learning process. For subject teachers in the learning process of social scince should facilitate the medium and infrastructure that are needed in teaching learning process.
EFEKTIFITAS BONUS UPAH KERJA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA TENAGA KERJA INDUSTRI GENTENG DI DESA BUMIHARJO KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN Nurcahyani, Hijah
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bonus upah kerja merupakan pendapatan tambahan yang diterima tenaga kerja diluar upah kerja. Adanya bonus upah kerja maka tenaga kerja mendapatkan tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehingga kebutuhan dasar terpenuhi dan kesejahteraan rumah tangga tenaga kerja meningkat dari sebelumnya. Populasi penelitian adalah 215 tenaga kerja industri genteng di Desa Bumiharjo. Penentuan sampel yang digunakan ialah  menggunakan proporsional sampling dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18,6% menerima bonus upah rendah, 55,8% dengan kriteria cukup tinggi , 25,6% dengan ktiteria tinggi, dan tidak ada yang menerima bonus upah kerja dengan kriteria sangat tinggi. Kesejateraan rumah tangga ternaga kerja industri genteng di Desa Bumiharjo Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Terdapat 2,33% responden termasuk dalam keluarga Sejahtera Tahap I, 60,47% responden termasuk dalam Keluarga Sejahtera Tahap II, 37,21% responden termasuk dalam Keluarga Sejahtera Tahap III. Namun tidak ditemukan responden yang termasuk dalam Keluarga Sejahtera Tahap III Plus.Jadi dapat disimpulkan bahwa efektifitas bonus upah kerja yang diterima baru dapat memenuhi kebutuhan dasar dari tenaga kerja industri genteng Wage bonus is an additional income beyond wage labor. With the bonus wage, labors can earn extra income to meet household needs so that basic needs are fulfilled and the welfare of households increased from previous employment. The population of study were 215 labors of tile industries in Bumiharjo Village. Sampling method that is used is proportional sampling with particular consideration. The results showed that 18.6%  received a low wage bonuses, 55.8%  with a fairly high criteria, 25.6% with high criteria, and none of them received a bonus wages with very high criteria. Related to household labors of tile industry welfare in the Bumiharjo Village, Subdistrict of Bumiharjo, Kebumen Regency, there is a 2.33% of respondents included in the Prosperous Phase I, 60.47% of respondents included in the Family Welfare Phase II, 37.21% of respondents included in the Phase III Family Welfare. However, there is no respondents are included in the Family Welfare Phase III Plus found. Therefore, it can be concluded that the effectiveness of bonuses can only fulfill basic needs of tile industry labors.
PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TONGKAT BICARA BERBANTUAN MULTIMEDIA KUIS KREATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT PESERTA DIDIK SMA Widhayanti, Adhita Retha
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 dilihat dari variabel guru, fasilitas pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru kelas VIII  SMP Negeri di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample, yaitu kelas VIII G untuk SMP Negeri 1 Margoyoso dan kelas VIII A untuk SMP Negeri 2 Margoyoso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran SMP Negeri di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dilihat dari kinerja guru dalam kelas baik, fasilitas pembelajaran baik, sikap siswa ranah afektif baik, sikap siswa ranah psikomotorik cukup, dan hasil belajar kognitif untuk SMP Negeri 1 Margoyoso memperoleh rata-rata 56,28 dan SMP Negeri 2 Margoyoso memperoleh rata-rata 71,00 This study is aimed to determine the quality of learning eight grade social science Junior High school at district Margoyoso, Pati regency in 2014/2015 school year seen from teacher variables, learning facilities, and learning outcome of stedent. Data analysis techniques in this study using descriptive analysis. The subjects in this study were students of class VIII and the eight grade class teacher in junior high school of district Margoyoso, Pati regency. Sampling is using purposive sampling techniques, i.e. VIII G class for SMP N 1 Margoyoso and VIII A class for SMP N 2 Margoyoso. The result showed that the quality of teaching Junior High School in district Margoyoso regency of Pati seen from the performance of teacher in the classroom, learning facilities, student attittude, and affective student learning outcomes was good, as well psychomotor student learning outcomes is sufficient. And so cognitive student learning outcomes for SMP N 1 Margoyoso obtain the average 56,28 and SMP N 2 Margoyoso average gained 71.00.
EVALUASI PROGRAM SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO SEBAGAI PERSIAPAN MENUJU RINTISAN SWALIBA (SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA) Windawati, Ary
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui kebijakan Program Sekolah Hijau yang diterapkan Pimpinan SMA Negeri 7 Purworejo, 2) mengkaji tingkat keaktifan dan partisipasi guru dan siswa dalam pelaksanaan Program Sekolah Hijau, 3) mengkaji faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan Program Sekolah Hijau, 4) mengevaluasi keadaan fisik sekolah yang sesuai dengan konsep SWALIBA. Sampel penelitian 7 guru dan 85 siswa dari populasi 68 guru dan 853 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh informasi bahwa pimpinan sekolah menerapkan kebijakan mengenai pelaksanaan Program Sekolah Hijau mencakup 4 bidang pokok yakni kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan partisipatif dan pengembangan sarana yang diterapkan di lingkungan sekolah dan seluruh aktivitas di dalamnya. Tingkat partisipasi guru dan siswa berupa tenaga, pikiran, keahlian, barang dan uang dalam program Sekolah Hijau masuk masuk dalam kriteria tinggi. Terdapat beberapa faktor yang penghambat kelancaran Program Sekolah Hijau namun sekolah telah memiliki solusi untuk mengatasinya. Evaluasi kondisi fisik sekolah yang sesuai dengan konsep SWALIBA terdapat pada indikator lingkungan hidup meliputi udara dan cahaya, tumbuhan, sampah, air, energi, kesehatan dan budaya. The study aims to: 1) find out the Green School Program policies applied by the head of SMA 7 Purworejo, 2) examine the level of activity and participation of teachers and students in the implementation of the Green School Program, 3) examine the factors obstruct the implementation of the Green School Program at SMAN 7 Purworejo, 4) evaluate of the school in accordance with the concept of SWALIBA. The research samples are 7 teachers and 85 students from the population of 68 teachers and 853 students. The technique of collecting data using interviews, questionnaires, observation and documentation. Based on the results of the study it is concluded that the policy applied by the head of SMA 7 Purworejo to the entire school community regarding the implementation of the Green School program is divided into four key areas, those are school policies, curriculum, participatory activities and the development of facilities, the participation level of the teachers and the students in the program is an average of moderate to high, there are some factors obstacle to the smooth running of the program, but the school has had a solution to overcome them, the school that suit the SWALIBA concepts are in the environmental indicators include air and light, plants, garbage, water, energi, health and culture.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KURIKULUM 2013 UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS IX SEMESTER 1 Fikriyati, Hilda
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan buku teks IPS SMP berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (research and development). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan uji coba lapangan menggunakan instrumen angket. Proses penelitian dilakukan melalui validasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi dan ahli kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan buku teks kelas IX semester 1 yang dikembangkan oleh peneliti baik. Setelah buku dinilai oleh validator maka buku direvisi sesuai kritik dan saran dari validator, kemudian buku yang telah direvisi diujicobakan pada siswa dan respon siswa sangat positif. Berdasarkan hasil validasi kelayakan oleh tim ahli dan uji coba buku teks pada siswa, buku teks IPS SMP kelas IX semester 1 dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran. This research is made to expland developing junior social studies textbooks based curriculum 2013. This research used a model of research and development. Data this research collected used method of documentation and questionnaires. The results show the level of advisability from the book that used in class got value from preparation of the book is suitable to be used in the learning process. After the book was rated by the validator, the book revised appropriate with critical and suggestion from the validation team, then the book tested on students, the result of those responses showed that students agreed to apply the developed textbook in curriculum 2013. Based on the results of the advisability validation by a team of experts and testing of textbooks to students, the textbook for junior high school social studies first semester of ninth grade is considered very suitable to be used in the learning process.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS IPS SMP KURIKULUM 2013 KELAS VIII SEMESTER 1 Minggawati, Devia
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1 yang kemudian diuji tingkat kelayakannya untuk mengetahui apakah buku teks layak digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama/MTs. Buku yang sebelumnya digunakan oleh siswa adalah buku KTSP yang belum terintegrasi dalam bentuk IPS dan belum mencakup aspek faktual, konseptual dan prosedural terpadu sehingga dilakukan pengembangan model buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian untuk menghasilkan suatu produk tertentu.Adapun teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan angket yang berisi lembar penilaian uji kelayakan bagi ahli materi, pembelajaran, grafika dan keterbacaan. Hasil rata-rata penilaian tahap akhir yang dilakukan oleh tim ahli menyatakan bahwa buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII semester 1 termasuk kedalam kategori sangat layak. This research aims to determine the model of junior high social studies textbook curriculum 2013 class VIII Semester 1 were then tested to determine whether the level of appropriateness of textbook fit for use as a teaching material by learners at junior high school. The book which previously used by students is not yet a book that integrated curriculum in the form of social science and do not include factual aspects, conceptual and procedural integrity and therefore be the development of a model curriculum 2013 of junior high school social studies textbook grade VIII Semester 1. The research type used is the Research and Development (R &D) the method of research to produce a particular product. The data collection techniques through a questionnaire that contains documentation and feasibility studies for the assessment sheet material expert, learning, graphics and readability. Average yield of the final stage assessment conducted by a team of experts claim the textbook curriculum 2013 class VIII Semester 1 included with the criteria of very decent.
KETERKAITAN PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN MASYARAKAT PERUMAHAN MURIA INDAH DI DESA GONDANGMANIS KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS Sofiana, Maria
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengelolaan bank sampah pada lingkungan perumahan Muria Indah. (2) Untuk mengetahui minat masyarakat terhadap bank sampah sebagai upaya melestarikan lingkungan. (3) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan upaya pengelolaan bank sampah pada lingkungan sekitar perumahan Muria Indah. (4) Untuk mengetahui pengaruh bank sampah terhadap pendapatan masyarakat perumahan Muria Indah. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase tingkat pengelolaan bank sampah sebesar 71,5% bahwa tingkat pengelolaan bank sampah termasuk dalam kriteria tinggi. Minat masyarakat terhadap bank sampah 80,08% termasuk dalam kriteria tinggi. Hasil perhitungan menunjukkan nilai rhitung 0,482 lebih besar dari rtabel 0,245 menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pendidikan dan pendapatan dengan pengelolaan bank sampah. Masih banyak responden yang memiliki hasil tabungan kurang dari Rp 50.000,- yaitu 69,35%. The purpose of this study was to (1) Knowing process management of garbage bank at environment housing of Muria Indah. (2) Knowing society enthusiasm to garbage bank as effort preserve environment. (3) Knowing relation among education storey level with effort management of garbage bank at environment about housing of Muria Indah. (4) Knowing garbage bank influence to earnings of society housing of Muria Indah. Data collecting use interview, documentation, observation, and enquette. Data analysis use descriptive analysis of doubled linear regresi and percentage use SPSS version 21. Result of research indicate that percentage mean mount management of garbage bank equal to 71,5% that storey level management of garbage bank is included in high criterion. Society enthusiasm to garbage bank 80,08% included in high criterion. Result of calculation show rhitung value 0,482 bigger than rtabel 0,245 showing the existence of relation among education storey level and earnings with management of garbage bank. Still many responder owning result of saving less than Rp 50.000,- that is 69,35%.
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN PRAKTIK PEMILAHAN SAMPAH DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG Chotimah, Devinal Chusnul
Edu Geography Vol 3 No 7 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui tingkat pendidikan ibu rumah tangga di Kelurahan Sekaran; 2) mengetahui praktik pemilahan sampah yang dilakukan ibu rumah tangga di Kelurahan Sekaran; 3) mengetahui perilaku ibu rumah tangga dalam menjaga lingkungan; 4) mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu rumah tangga dengan praktik pemilahan sampah di Kelurahan Sekaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif persentase dan analisis statistik Chi Kuadrat. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden yang diambil secara Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan ibu rumah tangga di Kelurahan Sekaran tinggi, karena paling banyak (34,7%) merupakan tamatan SMA (tahun sukses 12 tahun). Ibu rumah tangga di Kelurahan Sekaran telah melakukan pemilahan sampah dengan kriteria baik (58,9%). Berdasarkan analisis statistik Chi Kuadrat diperoleh χ2 hitung (25,71) > χ2 tabel (16,91), yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu rumah tangga dengan praktik pemilahan sampah. The purpose of this research are 1) to knows level of education of housewifes in Kelurahan Sekaran; 2) to knows waste sorting practice that have do of housewifes in Kelurahan Sekaran; 3) to knows environment preserve behavior of houswifes; 4) to knows correlation between level of education of housewifes and waste sorting practice that have do of housewifes in Kelurahan Sekaran. This research is quantitative research with using percentage descriptive methode and Chi Square statistic analysis. This used 95 respondents that took according to Proportional Random Sampling. The results point out the level of education of housewifes in Kelurahan Sekaran is high, because the most (34,7%) were graduate of Senior High School (with 12th success years). The housewifes were have do waste process of sorting practice with good criteria (58,9%). Be based on Chi Square statistic analysis got χ2 count (25,71) > χ2 table (16,91), that means there are a significant correlation between level of education of housewifes and waste sorting practice that have do of housewifes.

Page 1 of 2 | Total Record : 20